Minggu, 31 Juli 2011

TRADISI MASYARAKAT JIPANGAN

Nyadran



Nyadran merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jipangan bertempat di Balai makam setiap malam Jumat yang diperuntukkan untuk mendoakan arwah-arwah leluhur melalui ritual Tahlilan di mana intensitas tradisi nyadran meningkat jika mendekati bulan ramadhan.











Kenduren
Kenduren merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jipangan untuk memperingati momen-momen penting khususnya syukuran yakni dengan mengundang masyarakat ke rumah tuan rumah yang diisi dengan acara pengajian, tahlilan, dan jamuan makan.






Wayangan
Diadakan setiap malam hari, biasanya malam minggu dan menampilkan dalang (pemain wayang) ternama. Gara-gara merupakan momen yang biasanya paling ditunggu oleh warga saat wayangan.






Gotong Royong
Gotong royong warga biasa dilaksanakan setiap hari Minggu pagi dan ditiadakan ketika Bulan Ramadhan. Sehubungan dengan dijadikannya Pedukuhan Jipangan sebagai sentra kipas maka dibutuhkan bangunan monumental berupa gapura yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

1 komentar:

  1. ...dengan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Pedukuhan Jipangan seperti diatas Kenduri, Nyadran, Gotong Royong,....smoga bisa menjadi solusi dari berbagai permasalahan dalam masyarakat kita ... Amin

    BalasHapus