Selasa, 26 Juli 2011

PROFIL UMUM


Secara geografis Pedukuhan Jipangan merupakan daerah pegunungan dan berupa hamparan sawah. Pedukuhan Jipangan berbatasan dengan Pedukuhan Banyon, Pendowoharjo dan Sungai Bedog (timur).
Luas wilayah Pedukuhan Jipangan 71.489 Ha, jumlah penduduk ± 1680 jiwa, terbagi atas 10 Rukun Tetangga dan terdiri dari 455 Kepala Keluarga.
Menggarap lahan pertanian dan pembuatan produk kerajinan bambu merupakan penghasilan pokok warga demi kelangsungan hidupnya. Produk kipas bambu (souvenir) yang dirintas sejak tahun 1985 hingga sekarang mampu mendobrak perekonomian dan merupakan penghasilan andalan warga Jipangan.
Pedukuhan Jipangan sendiri terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY. Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY mempunyai rintisan/gagasan untuk mempromosikan hasil produk industri kerajinan sebagai desa tujuan wisata baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara dimana pedukuhan-pedukuhan penghasil produk kerajinan tersebut kemudian disingkat dengan nama KAJIGELEM yang terdiri dari:
- Pedukuhan Kasongan sentra industri kerajina gerabah
- Pedukuhan Jipangan sentra industri kerajinan kipas bambu
- Pedukuhan Gendeng sentra kerajina tatah dan sungging kulit perkamen
- Pedukuhan Lemahdadi sentra industri kerajinan patung batu
Pedukuhan Jipangan merupakan salah satu daerah tujuan wisata ingin berbenah diri menata lingkungan dan menjaga kualitas hasil produknya. Dalam hal pemasaran hasil produk kerajinan kipas bambu tersebut tidak hanya pasaran dalam negeri melainkan sudah ekspor ke mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar